Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

OJK Membatasi Kegiatan Usaha PT. Akulaku Finance Indonesia

Selasa, 24 Oktober 2023 | 08:03 WIB Last Updated 2023-10-24T01:28:37Z

 

Sumber: https://www.akulaku.com/


Dilansir dari Website Otoritas Jasa Keuangan  (OJK), OJK melalui surat nomor SR-11/PL.1/2023 tanggal 5 Oktober 2023 mengumumkan telah menetapkan pembatasan kegiatan usaha tertentu ke PT. Akulaku Finance Indonesia karena Perusahaan Pembiayaan tersebut tidak melaksanakan tindakan pengawasan yang diminta oleh Otoritas Jasa Keuangan, yaitu pembatasan penyaluran pembiayaan dengan skema buy now pay later (BNPL). 


Disebutkan juga bahwa dengan dikenakannya pembatasan kegiatan usaha tertentu kepada Perusahaan Pembiayaan tersebut di atas, maka Perusahaan Pembiayaan tersebut dilarang melakukan kegiatan usaha penyaluran pembiayaan baik kepada debitur eksisting maupun debitur baru dengan skema BNPL atau pembiayaan serupa termasuk yang penyaluran pembiayaannya dilakukan melalui skema channeling maupun joint financing. 


Kemudian, PT Akulaku Finance Indonesia diminta agar melaksanakan tindakan perbaikan sebagaimana dimaksud dalam rencana tindak perbaikan PT Akulaku Finance Indonesia yang telah ditanggapi oleh OJK dalam Surat Otoritas Jasa Keuangan Nomor S-78/PL.11/2023 tanggal 05 Oktober 2023 hal Tanggapan atas Rencana Tindak terhadap Status Pengawasan Khusus.


Sementara itu, dilansir dari Website PT. Akulaku Finance Indonesia, didapat informasi mengenai profil Perusahaan tersebut sebagai berikut:

Akulaku adalah platform perbankan dan keuangan digital terkemuka di Asia Tenggara yang hadir di Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Akulaku hadir di pasar negara berkembang untuk membantu memenuhi kebutuhan keuangan sehari-hari bagi pelanggan yang kurang mendapat jangkauan dalam menggunakan layanan perbankan, pendanaan, dan investasi secara digital, serta layanan broker asuransi.


Selain kartu kredit virtual dan platform e-commerce Akulaku, perusahaan Akulaku juga mengoperasikan Asetku (platform manajemen kekayaan online) dan Neobank (bank digital seluler yang didukung oleh Bank Neo Commerce). Misi Akulaku adalah dapat melayani 50 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara pada tahun 2025.


Pengembangan

2022

Mei

Bank Neo Commerce Akulaku dinobatkan sebagai salah satu Bank Terbaik di Dunia


2021

Des

Akulaku menghimpun dana dengan total US$400 juta dari berbagai investor seperti The Silverhorn Group, termasuk investasi strategis senilai US$100 juta dengan Siam Commercial Bank ("SCB") Thailand


2020

Des

Menjalani pandemi sebagai pengujian utama terhadap daya tahan sistem keuangan dan terus mencapai pertumbuhan positif di tahun penuh tantangan ini

Jul

Investasi digital di bawah Asetku melebihi 1 miliar


2019

Jul

Akulaku menembus 20 juta pendaftar

Mei

Mengakuisisi bank nasional di Indonesia dan dan perusahaan asuransi umum di Filipina (MICI) untuk membangun fondasi bisnis perbankan digital dan manajemen kekayaan


2018

Des

Investasi strategis dari Ant Financial

Jul

Berhasil menyelesaikan pembiayaan Seri C

Jun

Akulaku menembus 10 juta pendaftar


2017

Nov

Layanan pinjaman tunai diluncurkan untuk memenuhui kebutuhan tunai pelanggan

Okt

Asetku diluncurkan, penambahan penawaran produk investasi dan manajemen kekayaan

Agu

Layanan Akulaku PayLater( (Akulaku Pay) diluncurkan dibawah kemitraan erat pemain E-commerce tingkat-1

Jul

Berhasil menyelesaikan pembiayaan Seri B


2016

Jun

Beralih ke bisnis pinjaman konsumen di bawah "Akulaku"

Feb

Berhasil menyelesaikan pembiayaan Seri A


2015

Des

Menempati 30% dari pangsa pasar

Mar

Bisnis remitansi diluncurkan dibawah "Silvrr"


2014

Agu

Mendapatkan akuisisi IDG

Jul

Akulaku didirikan


*****


KENALI BANKMU



Punya Kredit Macet di Akulaku?

Kami bisa bantu untuk menyelesaikannya

Hubungi kami  via WA di nomor 081139000996

Atau klik Link WA  https://wa.me/6281139000996 


https://www.medianasabah.com/2023/10/iklan-khusus-untuk-pembaca-media.html



 

×
Berita Terbaru Update