Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tips Melawan Pemeras dengan Modus Pinjol Ilegal

Senin, 01 Januari 2024 | 09:40 WIB Last Updated 2024-01-28T09:04:53Z

 

afpi.co.id


Anda sedang mengalami dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pelaku Pinjol Ilegal?


Yang pertama harus anda lakukan adalah berupaya untuk tenang dan jangan panik. Karena kalau anda panik maka  pelaku akan semakin bergairah  untuk melakukan upaya-upayanya.


Cara untuk tenang dan tidak panik adalah dengan cara mengabaikan pesan atau instruksi yang dikirim melalui SMS, WA atau saluran komunikasi lainnya. 


Bahwa meskipun ada ancaman akan menyebarkan data/foto/dokumen  pribadi kemana-mana supaya tetap jangan terpancing,  tetap diabaikan saja.   Karena itu hanya untuk ngetest reaksi yang muncul dari kita. Semakin terlihat kita panik akan semakin bergairah pelakunya untuk melanjutkan upaya-upayanya sebagaimana yang sudah disebutkan tadi.


Jangan mendownload link yang diberikan, karena begitu kita download link yang diberikan,   secara tidak sadar kita telah memberikan akses aplikasinya untuk merambah isi Handphone kita dan bebas melakukan apa saja yang mereka mau sesuai tujuan mereka, karena sudah bisa mengendalikan Handphone kita.


Bahwa apabila semuanya  telah terlanjur terjadi, pura-pura diminta saja ke nomor rekening mana pembayaran akan dilakukan, supaya nantinya bisa dilaporkan  untuk diblokir oleh pihak terkait, lalu berupaya untuk mengulur-ulur waktu sampai dia capek dan akhirnya frustrasi. Karena mereka biasanya akan memaksa untuk segera melakukan pembayaran, khawatir berpacu dengan risiko rekeningnya diblokir.


Supaya anda tidak merasa sendirian untuk menghadapinya, informasikan ke keluarga,  saudara, teman, komunitas, atau siapa saja yang dianggap bisa diajak untuk saling  suport, saling diskusi dan atau saling  berbagi.


Apabila diperlukan, kami juga bisa membantu anda dengan cara kami yaitu dengan cara melakukan langkah-langkah sebagaimana berikut:

  • Memberikan template surat yang sudah jadi  dalam bentuk Pdf seperti contoh dibawah untuk dibagikan ke seluruh kontak yang ada di nomor handphonenya. Hal ini bertujuan untuk mencounter informasi atau sebaran data pribadi yang kemungkinan sudah/akan dilakukan oleh Pelaku.
  • Membuat link khusus agar lebih mudah melakuan penyebaran informasi kepada seluruh nomor kontak dalam upaya counter informasi sebagaimana disebutkan di atas. Sebab apabila hanya berupa forward jumlah targetnya sangat terbatas. Jadi harus yang pake Fitur Copy atau Bagikan.
  • Melaporkan pelaku ke Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas Pasti) agar nomor handphone, rekening, aplikasinya diblokir agar paling tidak bisa meminimalisir calon-calon korban baru yang menjadi target mereka.
  • Melakukan hal-hal yang dianggap perlu sesuai permintaan.


Untuk diketahui, Otoritas Jasa Keuangan melalui Satgas PASTI bentukannya sangat massif memberantas Pinjol Ilegal dan Pinjaman Pribadi (Pinpri) dan  mengharapkan dukungan warga masyarakat dengan cara  memberikan informasi apabila menemukan tawaran-tawaran dari Pinjol Ilegal atau Pinpri, termasuk yang sedang menjadi Korban.

Bukti bahwa hingga 30 Desember 2023 Satgas Pasti telah memblokir 625 Pinjol Ilegal dan Pinjaman Pribadi (Pinpri) dan akan semakin terus bertambah seiring dengan laporan/informasi dari warga masyarakat yang menemukan selain hasil patroli cyber rutin dari Satgas tersebut.


Lalu bagaimana membedakan mana Pinjol resmi mana yang ilegal?
Di link berikut ini sudah kami pernah posting untuk cara membedakannya. Silakan diklik tautannya.

Mari lawan Pemeras dengan modus Pinjol Ilegal!!!

Contoh Template Surat Yang Akan dikirim ke seluruh nomor kontak

×
Berita Terbaru Update